PPID Balai Pelatihan Pertanian Jambi

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pelatihan Pertanian Jambi

Workshop Penggunaan Aplikasi SIMBARA




 Mamuju 13 Desember 2022

 
BPTP Sulawesi Barat mengikuti workshop penggunaan aplikasi SIMBARA
 
Dalam rangka meningkatkan akses terhadap benih bermutu dan bersertifikat, BB Padi menyelenggarakan Workshop terkait sistem ketertelusuran benih padi bersertifikat melalui penggunaan aplikasi SIMBARA. Workshop ini dilaksananakan melalui luring dan daring yang diikuti oleh BPTP seluruh Indonesia, Dinas Pertanian, Petani Penangkar maupun produsen benih swasta. Peserta dari dari sulawesi barat diikuti oleh beberapa tim UPBS melalui daring (Zoom Meeting). 
 
SIMBARA merupakan singkatan dari Sistim Mutu Benih Padi Nusantara. SIMBARA adalah sistem informasi berupa aplikasi berbasis web dan android untuk tracking dan traceability benih sumber padi. Adapun manfaatnya adalah 1). untuk mengetahui profil benih yang akan digunakan; 2). untuk mengetahui kondisi calon benih yang akan dipesan; 3). untuk meningkatkan akses ketersediaan dan lokasi benih; 4). untuk meprediksi ketersediaan stock benih pada musim tanam berikutnya, dan 5). untuk memberikan informasi distribusi benih di wilayah Indonesia.
 
Harapan kedepannya, di era teknologi digital BPTP Sulawesi Barat terkhusus UPBS dapat mengadopsi aplikasi serupa yang telah digagas oleh BB Padi, sehingga keseluruhan proses yang dilakukan berorientasi kepada pelayanan yang mudah, baik dan semakin maju.